Senin, 20 Desember 2010

Saatnya Kembali Membidik Malaysia!

0 comments
Saatnya Kembali Membidik Malaysia!
Tribunnews.com/Dany Permana
Timnas Indonesia mencukur Malaysia 5-1, dalam partai pembuka Piala AFF, di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Rabu (1/12/2010). Dua pemain naturalisasi, Christian Gonzales dan Irfan Bachdim, masing-masing mencetak satu gol dalam debutnya.

TRIBUNNEWS.COM - Timnas Indonesia bermain dahsyat dengan menyapu bersih lima pertandingan sepanjang perhelatan Piala AFF 2010, sebelum akhirnya menembus babak final.

Di babak final yang akan dipertandingkan secara tandang dan kandang ini, Indonesia akan berhadapan dengan Malaysia, yang berhasil menyingkirkan juara bertahan Vietnam. Indonesia akan melakoni laga tandang pada 26 Desember dan menjadi tuan rumah pada 29 Desember. Kini, saatnya kembali membidik Malaysia.

Indonesia sudah empat kali masuk ke babak final perhelatan sepakbola se-ASEAN ini, baik sewaktu masih bernama Piala Tiger maupun Piala AFF. Hanya saja, Indonesia belum pernah memenangi gelar sekalipun.

Sedangkan Malaysia, sepanjang tujuh kali Piala Suzuki sebelum ini, Malaysia hanya sekali melangkah ke babak final, yaitu pada perhelatan pertama Piala Tiger 1996. Saat itu, Malaysia dibekuk Thailand 0-1. Sudah 14 tahun Malaysia tak pernah mencapai babak final.

Pada Piala AFF 2010, Indonesia dan Malaysia sudah pernah berhadapan di babak penyisihan Grup A. Saat itu, Indonesia berhasil mengganyang Malaysia dengan skor telak 5-1.

Hingga babak semifinal kedua, Indonesia pun lebih digdaya dengan mengumpulkan 15 gol dan dua kali kemasukan. Indonesia surplus 13 gol pada Piala AFF 2010 ini.

Bagaimana dengan Malaysia? negara jiran ini hanya mampu mengumpulkan surplus dua gol, delapan kali memasukkan dan enam kali kemasukan.

Indonesia memang berada di atas angin dari hitung-hitungan matematis dibandingkan Malaysia. Tapi, akankah bisa dengan mudah mengalahkan Timnas Malaysia?

"Yang penting kita dapat masuk final dan ini merupakan 'turning point' dalam sejarah bola sepak negara," kata Perdana Menteri Malaysia, Datuk Seri Najib Tun Razak, mengomentari timnasnya.

Tun Razak pun yakin para pemain Timnas Malaysia bisa terus melaju di Piala AFF 2010 ini.

"Selain itu pasukan negara juga mempamerkan disiplin yang tinggi serta patuh kepada arahan jurulatih, dan ini merupakan antara penyumbang kepada kejayaan pasukan bola sepak negara," ujar Tun Razak kepada Kantor Berita Bernama.

Kebangkitan sepakbola Malaysia ini memang perlu diwaspadai, mengingat mereka tampil sangat baik dalam dua pertandingan terakhir melawan Vietnam. 

Saat menghadapi Indonesia di babak penyisihan, Malaysia pun memberikan kejutan dengan gol cepatnya ke gawang Markus Haris Maulana atau Markus Horison. Jadi, bukan pekerjaan mudah bagi skuad Alfred Riedl untuk mengalahkan tim negara tetangga ini. (*)

Penulis: Iwan Apriansyah  |   Editor: Iwan Apriansyah

Sumber : tribunnews.com

ARTIKEL TERKAIT:

Leave a Reply

Apresiasikan dengan memberi komentar :)
Tapi komentarnya dengan bahasa yang baik lho ...